Over Heating dan Pencegahannya.

By
Advertisement

Over Heating atau kepanasan, dalam hal ini adalah suhu pada laptop sobat B4ASK. Sobat seharusnya ceck penyebab komputer cepat panas atau lebih dikenal dengan nama over heating.
  1. Komputer digunakan main game terlalu lama. Terutama yang resolusinya tinggi, diperlukan 3 komponen yang bekerja berat yaitu processor, memory dan VGA. Processor yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan panas tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri.
  2. Perhatikan processornya. Ada perbedaan antara processor AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  3. Fan pendingin rusak atau kotor berdebu. Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating.
  4. BIOS overclock. BIOS yang overclock atau performance kartu grafis, CPU, motherboard, RAM dan semua komponen di dalam casing CPU dibuat maksimum, dapat menyebabkan computer menjadi panas atau lebih buruk lagi bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali.
  5. Power Suply bermasalah. Jika terjadi kebocoran pada Power Suply,maka tegangan listrik keluar ke moterhboard dan dapat seluruh komponen listrik CPU jadi panas, atau sejumlah komponen langsung rusak.
  6. Posisi Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor dapat mudah overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. 
  7. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor. Pastikan aluminium pendingin cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan yang dari kipas.
Nah bagaimana dengan laptop/Pc sobat B4ASK? apa mengalami salah satu hal diatas? jika iya silahkan lanjut membaca cara memperbaikinya.
Cara Memperbaiki Over Heating
  1. Jika menggunakan game terlalu lama sebaiknya soat bisa menambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam. Ini akan menurunkan suhu pada laptop/Pc sobat pada saat bermain.
  2. Kipas pendingin sobat rusak, caranya sobat bisa membuka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal, atau jika sudah diketahui rusak, maka diganti saja.
  3. BIOS overclock, kalau untuk ini silahkan sobat kembalikan BIOS ke posisi normal kembali. atau defaultnya.
  4. Power Suply sobat bermasalah, jika ia sobat bisa menggunakan Stabilizator atau UPS untuk menjaga tegangan listrik agar stabil.
  5. Posisi Aluminium Heatsink (pendingin) sobat tidak tepat, jika iya sobat bisa membuka fan di atas processor dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor. Jika perlu, buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru.
  6. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor? silahkan sobat bersihkan, ya minimal 6 bulan sekali lah biar debunya ga banyak. 
Itu adalah Informasi tentang Over Heating dan cara mencegah dan memperbaikinya.
Bilamana sobat masih bingung silahkan komentar dibawah ini, insyaallah saya akan membantu. 

0 comments:

Post a Comment

Black4Ask "Hidup untuk bertanya"
1. Bila anda tidak tau silahkan bertanya pada komentar dibawah ini, dan ketika ditayangkan akan mendapatkan jawaban dari pihak kami . sara.
2. Bila mana sobat mengeleuh tentang kinerja kami atau ingin sekedar menambahkan saran untuk kemajuan blog ini bisa ke form kritik dan saran.